Langsung ke konten utama

Cara Menghubungkan Beberapa PC via WLAN

Hai, apa kabar semua Sahabat Blogger. Kali ini saya akan memposting tentang bagaimana cara menghubungkan antar PC via WLAN. Dimana WLAN sendiri adalah singkatan dari Wireless Local Area Network. Jaringan WLAN biasanya digunakan untuk mentransfer data, sharing files dan juga sharing koneksi dan jaringan WLAN ini juga digunakan sebagai syarat untuk bisa bermain game multiplayer secara offline, seperti halnya Stronghold Crusader dan game multiplayer lainnya. Baiklah dibawah ini saya akan menjelaskan cara mensetting jaringan WLAN pada Sistem Operasi Windows 7 dan Windows 10.

1. Windows 10

Langkah pertama untuk mengaktifkan jaringan WLAN di Windows 10, yaitu buka Command Prompt dengan cara klik pada Search Windows (Windows+R) ketikkan cmd lalu klik kanan pada Command Prompt pilh Run as Administrator. Lalu ketikkan perintah ini pada Command Prompt. netsh wlan set hostednetwork ssid=nama_wlan key=password_wlan mode=allow kemudian tekan ENTER. Jika berhasil akan keluar pemberitahuan seperti dibawah ini.

the hosted network mode has been set to allow.
the SSID of the hosted network has been successfully changed.
the user key passphrase of the hosted network has been successfully changed.

ssid adalah nama jaringan wlan (isilah dengan nama yang anda inginkan)
key adalah password jaringan wlan (isilah dengan password yang anda inginkan minimal 8 karakter)

Sampai disini anda sudah berhasil membuat jaringan WLAN, sekarang tinggal mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya ketiklah perintah ini pada Command Prompt. netsh wlan start hostednetwork lalu tekan ENTER. Maka akan keluar pemberitahuan the hosted network started.

wlan cmd


Untuk memastikan apakah jaringan WLAN sudah aktif dan bisa digunakan, masuk ke Control Panel > Network and Internet > View network status and Tasks disitu akan tersedia jaringan yang baru saja kita buat. 

network status and tasks

Atau coba sobat periksa pada daftar jaringan tersedia pada PC teman sobat apakah nama jaringan WLAN yang baru saja sobat buat sudah ada, jika sudah ada berarti sudah aktif dan tinggal mengoneksikannya saja dengan PC teman sobat dengan memasukkan password yang sobat buat. Sampai disini sobat sudah berhasil membuat jaringan WLAN dan sudah berhasil terhubung antar PC.

network

2. Windows 7

Pada windows 7 caranya lebih mudah berbeda dengan windows 10 dimana fitur WLAN-nya disembunyikan yang mengharuskan penggunanya untuk input secara manual. Berikut langkah-langkah pengaktifan wireless di windows 7 :

Klik START > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center kemudian klik Set up a new connection or network akan terbuka jendela baru Set Up a Connection or Network 

network and sharing center

Pada jendela Set Up a Connection or Network pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network kemudian klik Next > Next

set up a wireless ad hoc

Isikan Nama Jaringan pada Network Name, pilih salah satu Security Type dan isikan password anda pada Security Key (minimal 8 karakter). Kemudian centang pada pilihan save this network jika ingin menyimpan jaringan. 

Security Type :
  • No Authentication (Open) adalah membuat jaringan Ad Hoc langsung menyambung tanpa kemaanan
  • WEP yaitu jaringan Ad Hoc dengan memberi password untuk bisa tersambung
  • WPA-2 Personal yaitu jaringan Ad Hoc dengan memberi password untuk bisa tersambung


set up an ad hoc network

Setelah selesai kemudian klik Next > Next maka akan keluar jendela pemberitahuan bahwa jaringan wireless siap digunakan.

set up ad hoc

kemudian klik Close. Jaringan wireless sudah siap digunakan.
Untuk mengaktifkan/menonaktifkan jaringan wireless-nya klik jaringan pada pojok kanan bawah pilih nama jaringan wireless-nya kemudian klik Connect/Disconnect.

network sharing

Demikianlah tutorial cara menghubungkan antar PC via Wlan pada blog yang sederhana ini. Semoga bermanfaat. 😊 Apabila ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentarnya di bawah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bermain Game Stronghold Crusader Multiplayer Secara Offline

Apa kabar Bro Sis? Pastinya tetap pada sehat donk ya 😊 Disini saya akan memposting cara bermain game Stronghold Crusader multiplayer secara offline. Caranya terbilang mudah, kita hanya perlu menyambungkan PC 1 (Host) dengan PC 2 (Join) dengan memanfaatkan fitur Wireless Local Area Network (WLAN). Silahkan klik disini  jika belum tahu cara mengaktifkan jaringan WLAN. Jangan lupa untuk menonaktifkan Firewall di kedua PC-nya ya, jika tidak maka kedua PC tidak akan bisa terkoneksi. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bermain game crusader offline, yaitu : Buka game StrongHold Crusader lalu pilih Multiplayer (Lakukan pada PC 1 dan PC 2) Pada jendela  Service Providers  pilih Internet TCP/IP Connection for DirectPlay . Klik Host (tanpa memasukkan alamat IP) pada PC 1 (PC Penyedia jaringan WLAN) Masukkan alamat IP PC 1 (Host) pada PC 2 (Join) lalu klik Join . Lalu silahkan tunggu sampai proses pencarian pada jendela  Finding Sessions selesai. Set

Cara Setting Stick God Of War II PC

Dikesempatan ini admin akan berbagi tips bagaimana cara setting stick game God of War II PC, caranya cukup mudah hanya perlu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini : Colokkan stick ke PC; Pastikan di PC kita sudah terinstall aplikasi PCSX2. Bagi yang belum, bisa download  disini! beserta biosnya; Masuk ke folder instalasi God of War II, default ada di C:\Program Files\God of War II\God of War II cari file portable.ini ; Buka file tersebut dengan cara double klik, kemudian ganti value dari RunWizard=0 menjadi RunWizard=1 lalu klik pada menu File pilih save as. Pilih folder penyimpanan dimana saja kecuali folder instalasi God of War II; Copy file portable.ini yang disimpan tadi ke folder instalasi God of War II, jika ada pemberitahuan klik continue ; Jalankan file God Of War II.exe maka kita akan diarahkan ke jendela PCSX2 Fist Time Configuration . Klik saja Next   untuk lanjut maka akan ada jendela pop up klik Import ; Pada jendela konfigurasi plugin, pada menu

Cara Install PES 2013 Hasil Copy-an (Cara Mengatasi Pro Evolution Soccer Has Not Been Installed)

Kali ini admin akan membagikan tips bagaimana cara install PES 2013 atau mungkin tepatnya bagaimana cara mengatasi "Pro Evolution Soccer 2013 has not been installed" di pc kita.  Hal ini terjadi karena kita mengcopy file PES 2013 dari pc teman atau bukan langsung file master instalasinya, ya hitung-hitung buat hemat kuota dan waktu mengingat file PES 2013 ini ukurannya cukup besar 😁. Oke, sekarang mari kita langsung ke langkah-langkahnya : Letakkan file PES 2013 hasil copy-an kita disini Untuk OS Windows 32-bit (x86) : C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013 Untuk OS Windows 64-bit (x64) : C:\Program Files (x86)\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013 Kemudian kita letakkan file setting PES 2013 disini : C:\Users\ nama user \Documents\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013. * nama user : nama user yang kita pakai di PC kita. Sekarang kita buat file registry untuk Apps PES 2013 kita. Untuk OS Windows 32 Bit (x86) : Buka Notepad dan paste kode berikut i