Mail Merge adalah alat yang berguna
yang memungkinkan kita untuk menghasilkan beberapa surat, label, amplop,
tag nama, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar,
database, atau spreadsheet.
- Dokumen Master yaitu dokumen utama berformat dalam bentuk word.
- Data Source yaitu dokumen yang berisi informasi dari masing-masing penerima, seperti nama, agama, jenis kelamin dan alamat penerima yang disimpan dalam format Excel, Access atau Outlook Contact.
Disini admin tidak menjelaskan lebih detail apa itu mail merge? apa fungsinya? Tapi disini admin hanya akan menjelaskan bagaima cara membuat mail merge pada ms. word 2013. Admin yakin sobat semua sudah pada mengerti tentang defenisi dan fungsi dari mail merge. Untuk membuat mail merge pada ms. word 2013 caranya hampir sama dengan ms. word versi sebelumnya, hanya saja memiliki sedikit perbedaan pada letak menu dan tampilan menunya.
Kita langsung saja ke pembahasan, ikuti langkah - langkahnya dibawah ini step by step :
- Siapkan data source dalam bentuk excel yang diformat dalam kolom.
- Siapkan dokumen master yang sudah diformat sedemikian rupa dalam bentuk dokumen word.
- Pada contoh surat diatas kita akan mengganti Nomor Surat dengan No. Surat (kolom L), Nama dengan Nama (kolom B), Tempat Lahir dengan T. Lahir (kolom H), Tanggal lahir dengan Tanggal Lahir (kolom I), Jenis Kelamin dengan JK (kolom G), Kelas dengan Kls & Kelas (kolom C & D), NISN dengan NISN (kolom E), Nama Orang Tua dengan Nama Ortu (kolom J), dan Nomor Rekening dengan Nomor Rekening (kolom F).
- Klik menu Mailing > Select Recipients > Use an Existing List... pilih di drive mana kita menyimpan file excel kita (nomor 1) klik Open > OK
- Klik Insert Merge Field kemudian sesuaikan letak data sesuai format surat (nomor 3).
- Jika sudah selesai maka hasilnya akan seperti ini.
- Klik tombol navigasi kiri/kanan lalu klik Preview Results untuk menampilkan/print surat satu per satu.
- Untuk print surat sekaligus klik pada Finish & Merge pilih Print Documents... Pada jendela Merge to Print pilih All atau pilih From to untuk print halaman sekian ke halaman sekian.
- Untuk mengirim melalui email pilih Send Email Messages... lalu lengkapi form isian. Tapi cara ini kita harus masuk dan login dulu di Ms. Outlook.
Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih sudah mengunjungi blog saya. semoga bermanfaat...!!!
Komentar
Posting Komentar